LOKAKARYA PENYUSUNAN SILABUS DAN RPP KELAS XI

Juli 19, 2008 at 12:42 pm 2 komentar

Penyelenggara: Kantor Sudin Dikmenti Kota Administrasi Jakarta Pusat
Hari/Tanggal : Rabu, 16 Juli 2008
Waktu : 08.00 s.d. 15.00 WIB
Tempat : Aula SMK Negeri 27
Jl. Dr. Sutomo no. 1 Jakarta Pusat
Hari/Tanggal : Kamis-Jumat, 17-18 Juli 2008
Tempat : Pondok Arjuna Raya Km.83.3 Cisarua Bogor
Jalan Raya Puncak

Acara : Penyusunan Silabus dan RPP Kelas XI
Peserta : Guru-guru SMK Jakarta Pusat dengan jumlah 81 orang, terdiri dari:
27 Guru Bahasa Inggris
27 Guru Bahasa Indonesia
27 Guru Matematika
Peserta yang hadir 57 orang

Deskripsi Pelaksanaan:

Acara pembukaan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 16 Juli 2008, di Aula SMK Negeri 27 Jl. Dr. Sutomo no. 1 Jakarta Pusat. Acara diawali pembawa acara membacakan susunan acara. Sambutan pertama oleh ketua panitia yaitu Bapak Abdul Nasir sebagai Kasi SMK. Secara resmi acara dibuka oleh Bapak Andri Kunarso sebagai Kepala Suku Dinas Dikmenti Kota Administrasi Jakarta Pusat. Dalam sambutannya beliau mengatakan lokakarya diadakan untuk mensikapi hasil kelulusan SMK tahun ini masih belum 100 %, masih rendah tingkat kelulusan siswa di Jakarta Pusat, meskipun sudah ada sedikit kenaikan dibanding tahun lalu. Diharapkan melalui lokakarya ini guru-guru bidang studi yang Ujian Nasional mampu meningkatkan kompetensinya.

Penyampaian materi dibawakan oleh Bapak Mudini sebagai pengganti Bapak Ndang Kurniawan, narasumber dari P3G Bahasa yang sekarang diganti P4PK Bahasa. Narasumber mengawali dengan membuka pertanyaan kepada peserta tentang seputar Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam penyusunan Silabus dan RPP kelas XI. Yang paling menarik diacara tanya jawab ini pada saat peserta minta contoh silabus yang diakui sesuai menurut peraturan pemerintah, narasumber menampilkan contoh dari sekolah SMK Negeri 3 Jakarta Pusat. Setelah tanya jawab, peserta lokakarya dibagi kelompok. Saya atas penunjukan teman-teman bahasa Indonesia dipilih menjadi ketua kelompok. Kamipun diskusi untuk membuat Silabus dan RPP satu Kompetensi Dasar (KD). Kemudian tiap-tiap kelompok mempresentasikan hasilnya di depan, sedangkan peserta yang lain menanggapi untuk mencapai titik temu.
Kesimpulan dari penyusunan silabus dan RPP adalah:

Penyusunan Silabus
1) Susunan dari kolom silabus yang benar adalah
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM PS PI

Bukan seperti di bawah ini !

KOMPETENSI DASAR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR
PENILAIAN ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM PS PI

2) Dalam indikator tidak boleh dikurangi, tapi ditambah boleh.
3) Kalimat yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran menggunakan kata kerja operasional. Misalnya: mengutip, menyebutkan, menggambarkan, menerjemahkan, merangkum, mengoperasikan, menunjukkan, membedakan, menyimpulkan, membuat, mengelompokkan, dsb.
Penyusunan RPP
1) Format RPP yang benar adalah
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(NO. 2.1)

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XI / 1
Pertemuan ke : 1, 2, 3
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setara tingkat Madia.
Kompetensi Dasar : 2.1 Menyimak untuk menyimpulkan informasi lisan yang tidak bersifat perintah dalam konteks bekerja.
Indikator:

===========================================================
I. Tujuan Pembelajaran:

II. Meteri Ajar:

III. Metode Pembelajaran :

IV. Langkah-langkah Pembelajaran:
Pertemuan pertama
A. Kegiatan Awal :
B. Kegiatan Inti :
C. Kegiatan Akhir :
Pertemuan kedua
A. Kegiatan Awal :
B. Kegiatan Inti :
C. Kegiatan Akhir :
Pertemuan ketiga
A. Kegiatan Awal :
B. Kegiatan Inti :
C. Kegiatan Akhir :

V. Alat / Bahan / Sumber Belajar :
Alat:
Bahan:
Sumber Belajar:
VI. Penilaian :
Soal:
Kunci Jawaban:
Pedoman Penilaian:
Tepat pukul 16.00 acara ditutup, sebelumnya panitia memberikan pengarahan kepad peserta bahwa hari kedua dan ketiga acara dilanjutkan di Puncak, dengan alamat Pondok Arjuna Raya Km.83.3 Cisarua Bogor Jalan Raya Puncak. Masing-masing peserta diharapkan membawa Laptop untuk menyusun Silabus dan RPP kelas XI.

Hari kedua dan ketiga, Kamis-Jumat tanggal 17-18 Juli 2008, lokakarya dilanjutkan di puncak Bogor tempatnya di Pondok Arjuna. Acara dimulai pukul 09.30 mundur dari jadwal yang ditentukan yaitu 08.00 maklum peserta berangkat sendiri-sendiri. Peserta yang hadir 57 orang. Acara ini dipandu oleh para pengawas Jakarta Pusat yaitu: Bapak Harsono, Bapak Dachwan, dan Bapak Edi. Acara diawali dengan mensepakati tatacara penyusunan Silabus dan RPP kelas XI dalam satu tahun. Kemudian kami dibagi kelompok berdasarkan mata pelajaran, dan dibagi lagi dalam kelompok kecil. Untuk kelompok bahasa Indonesia 3 kelompok karena yang membawa laptop dari 17 orang hanya 3 orang yang membawa. Kamipun asyik diskusi dan bekerja sampai pukul 12.30 isoma, dilanjutkan lagi pukul 14.00 sampai dengan pukul 17.00 peserta diskusi dan bekerja. Pukul 17.00 – 19.30 isoma. Pukul 19.30 pengawas menyampaikan format penulisan. Peserta melanjutkan kerja kelompok sampai pukul 23.00 kamipun istirahat menuju kamar masing-masing.

Hari Jumat, 18 Juli 2008 pukul 06.00 kami senam pagi sampai pukul 07.30. Pukul 09.00 kamipun langsung melanjutkan menyelesaikan kerja semalam, kemudian pengawas meminta ketua kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. Dan kamipun presentasi secara bergantian, diakhir presentasi para pengawas mengomentari hasil kerja yang dipresntasikan. Kami senang mendapat masukan ini untuk menjadi yang lebih baik. Tapi sayang waktunya sangat singkat sekali sehingga hasil kerja kami belum maksimal, kami belum memasukkan(menjadikan satu) dari kerja kelompok lain.

Pukul 11.00 acara ditutup oleh Bapak Abdul Nasir (Kasi SMK), beliau mengatakan sangat senang sekali para peserta melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh sampai larut malam, sayang sekali waktunya sangat singkat tentunya ini berhubungan dengan dana. Harapan Bapak Kasi SMK hasil ini disosialisasikan kepada teman-teman yang tidak ikut lokakarya.
Kemudian acarapun ditutup dengan doa semoga acara ini bermanfaat bagi kita semua untuk mencapai kelulusan 100%. Amin.
Meskipun acara sudah ditutup kami peserta lokakarya rasanya enggan untuk menutup kerja kami terutama peserta perempuan, kami terus melanjutkan sambil menunggu peserta yang melaksanakan sholat Jumat. Dan akhirnya waktupun tiba tepat pukul 13.30 mau gak mau kamipun meninggalkan Pondok Arjuna tentunya setelah makan siang. Kamipun pulang menuju rumah masing-masing dengan penuh rasa kangen ingin segera ketemu keluarga, anak-anak dan suami.

About these ads

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

IMPIAN RPP BAHASA INDONESIA SMK KLAS XI

2 Komentar Add your own

  • 1. rose  |  Juli 27, 2008 pukul 4:00 am

    Ass. bu, saya minta kurikulum, silabus,dan rpp bahasa indonesia kelas x,x1, dan x11. saya baru menjadi pengajar, jadi masih perlu banyak contoh.

    Balas
  • 2. Ariez  |  Agustus 4, 2008 pukul 4:23 pm

    Maaf Bu Lilik, kalo bisa saya minta dikirimi RPP Bahasa Indonesia kelas 1,2 dan 3, sebagai acuan dan perbandingan di Sekolah kami yang nun jauh disana,pengalaman senantiasa harus dibagikan..ilmu kadang harus diturunkan, makasih sebelumnya bu…ini emailku : abasecom74@yahoo.co.id

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


KTSP

Silabus dan RPP Bahasa Indonesia (Revisi)

Flickr Photos

Vita nei trulli

Dartmoor Ponies

Triadica sebifera

More Photos
Juli 2008
S S R K J S M
« Jan   Agu »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

HYMNE BAHASA INDONESIA

mp3

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: