AKRONIM MEMPERKAYA BAHASA ATAU ….

Februari 19, 2009 at 5:02 am Tinggalkan komentar

Dari hari ke hari semakin banyak muncul akronim di sekitar kita, di media massa dan di lingkungan pendidikan sekolah pun ada akronim, misal:  Yogyakarta Berhati Nyaman (bersih, sehat, indah, nyaman, aman), Klaten Bersinar (bersih, indah, aman, ramah),  mulok(muatan lokal), Promes (Program Semester), Protah (Program Tahunan), Imtak (Imam dan Taqwa), diklat (pendidikan dan latihan) dsb. Akankah kita menambahkan deretan akronim yang lain ? Gejala apakah ini?

            Munculnya akronim-akronim itu kemungkinan karena adanya keinginan kepraktisan dari pengguna bahasa. Akronim dapat diucapkan dengan ringkas dan muatan informasinya cepat sampai. Tetapi kalau kita mau sedikit merenungkan sebenarnya ada gejala yang harus diwaspadai dengan munculnya akronim-akronim itu.

            Bayangkan kalau hampir disetiap sektor kehidupan menggunakan akronim, maka kata-kata yang diakronimkan akan tenggelam oleh munculnya akronim tersebut. Padahal kalau kita sedikit berlapang dada, kata-kata dalam bahasa Indonesia sebenarnya dapat diucapkan atau praktis digunakan tanpa pembentukan akronim.

            Yang mengkhawatirkan bilamana akronim-akronim itu semakin banyak muncul dan ditulis oleh media cetak, sehingga tersebar di masyarakat sementara ada golongan masyarakat pembaca yang belum tahu kepanjangan dari akronim tersebut. Atau sebaliknya pembaca yang sudah hapal betul dengan akronim tersebut sehingga menganggap akronim itu sebuah kata.

            Saatnya kita mengambil langkah. Akankah budaya mengakronimkan kata-kata kita lanjutkan dengan asumsi demi kepraktisan dan akan memperkaya kosa kata bahasa Indonesia. Atau budaya mengakronimkan itu kita kurangi dengan pemikiran bahwa kata-kata dalam bahasa Indonesia sebenarnya sudah mampu mewakili makna apa yang kita pikir dan rasakan. Kita merasa tidak terpaksa menggunakan kata-kata sepanjang apa pun karena pada dasarnya kita bukan pengguna bahasa yang malas menggunakan bahasa. Tks.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Pertemuan MGMP ke enam BEDAH SKL UN 2009

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


KTSP

Silabus dan RPP Bahasa Indonesia (Revisi)

Flickr Photos

2016 Lake Yamanaka winter Fuji

Butterfly

Aurora Borealis at Jökulsárlón

Lebih Banyak Foto
Februari 2009
S S R K J S M
« Nov   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Pos-pos Terbaru

Hymne Bahasa


%d blogger menyukai ini: