DIKLAT INSTRUKTUR NASIONAL KURIKULUM 2013

Mei 23, 2014 at 1:17 pm Tinggalkan komentar

20140507_201829[1]

20140511_204346[1]

20140507_212126[1]

Diklat Instruktur Nasional (IN) mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dilaksanakan tanggal 7 s.d. 13 Mei 2014 di P4TK Bisnis Pariwisata Parung Bogor, diikuti oleh 196 orang guru mata bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris SMK dan SMA.
Tujuan diklat IN kurikulum 2013 agar terjadi perubahan pola pikir dan kemampuan guru dalam proses pembelajaran di kelas mulai dari mempersiapkan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pembelajaran sesuai dengan tuntutan dan karakteristik Kurikulum 2013 dengan baik dan benar.

Kegiatan diklat dibuka Oleh Bapak Syawal Gultom
Beliau menyampaikan:

– Gerakan membangun Indonesia dimulai di ruang kelas. Selama kelas tidak berubah tidak ada gunanya perubahan kurikulum.
– Inti pendidikan menjadi individu yang bertanggung jawab maka pendidik harus bisa mengembangkan potensi peserta didik. (Jadi memberi peringkat peserta didik tidak sesuai dalam kurikulum 2013) . Yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan potensi yaitu: 1. Iman dan taqwa, 2 Akhlak mulia, 3. Sehat jasmani dan rokhani, 4 Pengetahuan, keterampilam, dan kecerdasan.
– Penilaian sikap ada 4 cara: observasi, penilaian diri, penilaian antarteman, dan jurnal
– Penilaian pengetahuan ada 3 cara: tes tulis, tes lisan, dan penugasan
– Penilaian keterampilan ada 4 cara: praktik, proyek, portofolio, dan produk
– KBM menggunakan pendekatan saintifik dengan melalui kegiatan siswa: mengamati, menanya, mencoba, menalar, mencipta, dan mengomunikasikan
– Model pembelajaran ada 3: Model Berbasis Proyek/ Project Based Learning,model Penemuan / Discovery Learning dan Model Berbasis Masalah/ Problem Based Learning

FORMAT RPP KUR 2013

23. Panduan Tugas Praktik Pembelajaran

22. Prinsip-prinsip Pelaksanaan Pembelajaran

21. Panduan Tugas Penyusunan dan Telaah RPP

20. Rambu-rambu Penyusunan RPP

19. Strategi Pengamatan Video Pembelajaran

18. Penilaian dan Rapor

17. Contoh Pembelajaran Berbasis Proyek

16. Model Berbasis Proyek

15. Contoh Pembelajaran Berbasis Masalah

14. Model Berbasis Masalah

13. Contoh Penerapan Model Discovery

12. Model Discovery

11. Penerapan Pendektan Saintifik

10. Penilaian Pembelajaran pada Kurikulum 2013

9. Struktur Buku Siswa

8. Struktur Buku Guru

7. Kedudukan dan Fungsi BG dan BS

6. Konsep Pendekatan Scientific Rev final

5. Contoh Keterkaitan KI-KD BINA SMA

4. Strategi Implementasi Kurikulum Rev

3. SKL KI KD Rev

2. Elemen Perubahan Kurikulum Rev

1. Rasional Kurikulum 2013 rev

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

KISI-KISI UUB JAKARTA PUSAT DEBAT BAHASA TINGKAT PROVINSI DKI JAKARTA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


KTSP

Silabus dan RPP Bahasa Indonesia (Revisi)

Flickr Photos

2016 Lake Yamanaka winter Fuji

Butterfly

Aurora Borealis at Jökulsárlón

Lebih Banyak Foto
Mei 2014
S S R K J S M
« Mar   Jul »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Pos-pos Terbaru

Hymne Bahasa


%d blogger menyukai ini: