GERAKAN INDONESIA MEMBACA -MENULIS

Agustus 5, 2015 at 2:12 pm Tinggalkan komentar

Gerakan Indonesia Membaca dan Menulis (GIMM) Tingkat Provinsi DKI Jakarta, dilaksanakan tanggal 3 – 6 Agustus 2015 di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Timur. Peserta terdiri dari 35 orang siswa, 35 orang mahasiswa , dan 32 orang guru. Peserta dipilih berdasarkan hasil seleksi karya tulis yang dikirim dan berdasarkan undangan.

Kegiatan diawali dengan regrestasi peserta, kemudian seluruh peserta wajib mengikuti tes pemetaan kompetensi membaca menulis.

Kegiatan pembukaan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, laporan panitia. Dan pembukaan acara dibuka oleh Prof. Dr. Mahsun, M.S. sebagai Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan sebagai pengarah kegiatan GIMM menyampaikan Kebijakan Literasi Indonesia. Inti dari pengarahan Beliau adalah berdasarkan data PISA, Indonesia berada peringkat 64 dari 65 negara yang diteliti kemampuan IPA, Matematika, dan Bahasa. Tentunya hal ini sangat memprihatinkan. Indonesia harus cepat bangkit! Badan Bahasa memiliki peran penting untuk mengawalinya dengan memberi nama Gerakan Indonesia Membaca dan Menulis. Gerakan ini diperkuat dengan Peraturan Menteri nomor 21 tahun 2015 tentang Penanaman Budi Pekerti. Salah satunya adalah mewajibkan kegiatan membaca-menulis 15 menit di sekolah. Kegiatan membaca-menulis sangat berkaitan erat dengan pengembangan sumber daya manusia. Kegemaran membaca dan produktivitas menulis memperlihatkan kesiapan suatu bangsa dalam menjemput dan memperoleh pengetahuan untuk selanjutnya dapat membangun peradabannya sesuai dengan cita-citanya. Untuk itulah kegiatan GIMM ini diselenggarakan.

Materi pertama, berupa  pemberian motivasi untuk membaca dan menulis, lalu pembekalan materi teks meliputi: 1) Strategi Membaca dan Menulis Efektif; 2) Pengembangan literasi Membaca dan menulis; 3) Pemahaman dan Praktik Penulisan Berbagai Jenis Teks. Kemudian Bengkel Penulisan Teks, peserta diajak praktik menulis langsung, pertama berdasarkan bacaan, kedua berdasarkan pengalaman, dan yang ketiga berdasarkan nama teks yang diundi. Setelah selesai menulis peserta lomba juga diminta untuk memplukasikan satu persatu di depan kelas.

Hasil lomba sebagai berikut:

Kategori Siswa

Juara pertama: Hana Nurfata Laila, SMU Negeri 52 Jakarta (mendapatkan hadiah uang sebesar 5 juta rupiah, piagam, dan piala)

Juara kedua: Gerrad Martin, SMU Negeri 13 Jakarta (mendapatkan hadiah uang sebesar 4 juta rupiah, piagam, dan piala)

Juara ketiga: Irzam Hawa, SMK Negeri 10 Jakarta (mendapatkan hadiah uang sebesar 3 juta rupiah, piagam, dan piala)

Kategori Mahasiswa

Juara pertama: Hairunnisa, Universitas Muhammadiyah Jakarta (mendapatkan hadiah uang sebesar 7 juta rupiah, piagam, dan piala)

Juara kedua: Yuli Widyaningsih, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta (mendapatkan hadiah uang sebesar 6 juta rupiah, piagam, dan piala)

Juara ketiga: Sandi Prasastio, Universitas Nasional Jakarta (mendapatkan hadiah uang sebesar 5 juta rupiah, piagam, dan piala)

Kategori Guru

Juara pertama: Alwiyah, SMU Negeri 97 Jakarta (mendapatkan hadiah uang sebesar 9 juta rupiah, piagam, dan piala)

Juara kedua: Seni Asiati, SMP Negeri 266 Jakarta (mendapatkan hadiah uang sebesar 7 juta rupiah, piagam, dan piala)

Juara ketiga: Sherly Oktaviana, SMU IPEKA Sunter Jakarta (mendapatkan hadiah uang sebesar 6

 

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

UNDANGAN PESERTA GERAKAN INDONESIA MEMBACA DAN MENULIS PEMBELAJARAN TEKS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


KTSP

Silabus dan RPP Bahasa Indonesia (Revisi)

Flickr Photos

2016 Lake Yamanaka winter Fuji

Butterfly

Aurora Borealis at Jökulsárlón

Lebih Banyak Foto
Agustus 2015
S S R K J S M
« Jul   Sep »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Pos-pos Terbaru

Hymne Bahasa


%d blogger menyukai ini: