SEMINAR POLITIK BAHASA

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Kegiatan seminar Politik Bahasa diselenggarakan tanggal 3 – 6 Juni  di HotelBEST WESTERN, Jakarta.  Peserta seminar adalah para pengambil kebijakan pemerintah dan kalangan pakar, pendidik dan dosen, sastrawan, budayawan, pemuda, dan peminat serta pemerhati bahasa dan sastra. Jumlah Peserta 250 orang dari berbagai wilayah Indonesia.

Seminar diselenggarakan dalam rangka 70 tahun lahirnya bahasa Indonesia sebagai bahasa negara, serta untuk merumuskan kembali kebijakan penanganan kebahasaan dan kesastraan, paling tidak untuk beberapa tahun ke depan (1—15 tahun), merujuk pada seminar sebelumnya yang diselenggarakan pada tahun 1975 dan 1999.

Acara dibuka oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Prof. Dr. Mahsun M.S.. Tema yang diangkat dalam seminar ini adalah “Mengawal Bangsa Besar dengan Berawal Bahasa”. Tema ini diikuti pembahasan subtema sebagai berikut:

  1. Merajut Kebinekaan Bahasa sebagai Pemerkukuh Ikatan kebangsaan oleh Prof. Dr. Mahsun, M.S. (Kepala Badan Bahasa), pemandu Prof.Dr. E. Aminudin Azis
  2. Strategi Kebahasaan untuk Memperkukuh Ikatan kebangsaan oleh jenderal TNI Herman, pemandu Dr. Jan Hoesada
  3. Perspektif Linguistik Diakronis dan Ikatan Kebangsaan oleh Prof. Dr. Bernd Nothofer Universitass Frankfrut Jerman, pemandu Prof. Dr. Kisyani Laksono
  4. Bahasa melayu sebagai Pendukung Internasionalisasi Bahasa Indonesia oleh Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc. (Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji), pemandu Pof. Dr. Rusdi
  5. Penguatan Wawasan Kebangsaan melalui Bahasa sebagai Tantangan Dunia Global oleh Mayjen TNI Mar (Purn) Eddy Oetomo, S.H., pemandu Dr. M. Qodrat Wisnu Aji, S.E., M.Ed.
  6. Identifikasi Konflik dan Ancaman Disintegrassi melalui Gejala Kebahasaan oleh Prof. Dr. I Dewa Putu Wijana, pemandu Dra. Yeyen Maryani, M. Hum
  7. Bahasa-Bahasa di Indonesia Wilayah Timur sebagai Penopang Internasionalisasi bahasa indonesia oleh Prof. Dr. Gufran Ali Ibrahim (universitas Khairun, ternate), pemandu Drs. M. Muhadjir, M.A.
  8. Penegakan Integritas Bangsa melalui Layanan Publik Nasional dan Internasional oleh H. Irman Gusman, S.E., M.B.A. ( Ketua DPD RI), pemanduProf. Dr. Mahsun, M.S.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


%d blogger menyukai ini: